Cara menjadi Orang Yang Percaya Diri ~ aRek WONOSALAM

Jumat, 22 Juli 2011

Cara menjadi Orang Yang Percaya Diri

Menjadi orang yang percaya diri tidaklah mudah. Seringkali kamu merasa minder terhadap orang lain ataupun saat ingin melakukan sesuatu, karena kamu merasa kamu memiliki banyak kekurangan dibandingkan dengan orang lain. Tetapi ketahuilah, setiap manusia harus bersikap percaya diri untuk mencapai tujuannya, tidak peduli apapun kekurangan yang dimiliki. Percaya diri adalah pola pikir manusia untuk selalu optimis dan yakin terhadap apa yang dilakukan serta percaya dirinya adalah spesial. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus dilakukan dan jangan dilakukan untuk menumbuhkan rasa percaya dirimu.
Lakukan!
1. Temukan hasrat dan kelebihanmu
Setiap manusia diciptakan unik dan spesial maka setiap manusia pasti juga memiliki kelebihannya masing-masing. Tidak ada hal yang lebih menyenangkan ketika kamu bisa semakin mengembangkan kelebihanmu dan menyalurkan hasratmu dengan kegiatan yang positif. Efek sampingnya adalah kamu akan semakin percaya diri dalam hidup.
2. Pilih panutanmu
Untuk membuatmu tambah bersemangat, tentukanlah figur sukses yang bisa menjadi panutanmu. Contoh: Kamu menyukai dunia website dan kagum terhadap keberhasilan Mark Zuckerberg sang pendiri Facebook, maka kamu dapat menjadikan dia sebagai panutanmu. Kamu bisa belajar bagaimana ia bekerja, bagaimana ia mengembangkan usahanya, dll. Kalau dia bisa kenapa kamu tidak?
3. Berpikir dan berbicara positif
Terus berpikir dan berbicara positif meskipun kamu berada di situasi sebaliknya. Mengasihani diri sendiri dan mengeluh adalah cara mudah bagimu untuk menjadi minder. Jangan buat dirimu menjadi inferior (mengecilkan diri sendiri) di depan orang lain. Berbicaralah yang positif tentang dirimu, rencanamu, dan masa depanmu.
4. Fokus pada tujuanmu
Fokuslah terhadap apa yang kamu lakukan, jangan biarkan hal-hal negatif mengalihkan pandanganmu
5. Bergaul dengan teman yang memberikan pengaruh positif
Lingkungan bisa berpengaruh besar dalam perkembangan dirimu. Ketika kamu berada di lingkungan yang orang-orangnya selalu percaya diri dan berpikir positif maka kamu cenderung untuk berperilaku seperti itu juga.
6. Bersyukur terhadap apa yang dimiliki
Seringkali rasa tidak percaya diri timbul karena kamu selalu merasa kekurangan terhadap sesuatu baik materi (uang,barang,fasilitas,dll) maupun yang non-materi (kasih sayang,perhatian,kepuasan,dll). Buang jauh-jauh rasa selalu kekurangan itu dan mulai tanamlah rasa bersyukur, maka kamu akan menjadi lebih percaya diri.
7. Membuat suatu tujuan dan langkah-langkah untuk mencapai tujuan tersebut secara realitistis
Ketika kamu memiliki tujuan hidup maka kamu akan lebih bersemangat dalam menjalani hidup. Tetapi pastikan bahwa semua itu realistis, karena ketika kamu menetapkan sesuatu yang tidak realistis dan ketika di tengah jalan kamu baru menyadari bahwa tujuanmu itu ‘di luar jangkauanmu’ maka kamu akan menjadi lebih minder dari sebelumnya.
8. Lakukanlah sekarang!
Ketika kamu sudah menemukan kelebihanmu, membuat tujuan, dan membuat rencana-rencana maka kamu harus melakukannya sekarang juga. Semua itu tidak ada artinya apabila kamu menunda-nunda atau tidak pernah melakukan semua rencanamu itu.

Jangan Lakukan!
1. Bersikap perfeksionis. Sikap tersebut hanya akan membuatmu jauh dari rasa percaya diri dan membuatmu tidak bisa mengerjakan hal yang lain dengan baik karena terlalu lama berkonsentrasi di satu kegiatan.
2. Khawatir terhadap apa yang dipikirkan orang lain. Seringkali rasa takut ditertawakan dan takut diejek membuat seseorang merasa minder untuk melakukan sesuatu. Apabila kamu benar-benar ditertawakan, buktikanlah bahwa dirimu bisa, dan buatlah dirimu menjadi orang yang tertawa paling akhir.
3. Over confident. Orang yang terlalu percaya diri cenderung arogan dan tidak menyadari kelemahannya. Orang seperti ini akan mudah jatuh dan ketika ia gagal akan menghancurkan rasa percaya dirinya itu.
4. Terus menerus mengkritik orang lain hanya untuk membuat diri sendiri terlihat baik. Akibatnya sama seperti orang yang over confident. Ia selalu melihat kelemahan orang tanpa memperhatikan kelemahan diri sendiri.
5. Terus menerus membandingkan diri sendiri dengan orang lain.. Seperti di awal artikel, setiap orang memiliki kelebihannya masing-masing. Kamu akan selalu menemukan perbedaan ketika kamu membandingkan dirimu dengan orang lain. Ya! Karena memang setiap manusia itu unik. Jadi melakukan itu hanya membuang waktumu saja.

0 komentar:

SILAHKAN ANDA BERKOMENTAR

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Printable Coupons