“pertarungan” antarmotherboard ~ aRek WONOSALAM

Sabtu, 19 Juni 2010

“pertarungan” antarmotherboard


“pertarungan” antarmotherboard
Dengan diluncurkannya chipset X48 dari Intel pada Maret 2008, para produsen motherboard berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik. Yang jadi pertanyaan adalah seberapa hebatkah chipset ini?

Pada tes perbandingan kali ini CHIP menggelar “pertarungan” antarmotherboard yang menggunakan chipset Intel X48. Dari peserta yang datang ke CHIP Test Center tercatat delapan buah motherboard yang berhasil meng¬ikuti tes sampai dengan akhir pengujian. Melihat kinerja yang ditawarkan masing-masing peserta, tampaknya tes perbandingan kali ini sangat ketat sekali.
Pada saat para peserta datang ke CHIP Test Center kesan pertama yang muncul dibenak CHIP adalah "super kencang". Hal ini membuat CHIP semakin penasaran untuk segera melakukan pengujian. Mengingat chipset X48 ini lebih berorientasi kepada enthusiast user, para peserta tes perbandingan datang dengan “senjata” andalan masing-masing untuk meme¬nangkan "pertarungan". Sebut saja MSI dengan produknya X48c Platinum yang lebih cenderung mengandalkan combo DDR2 dan DDR3 tanpa meninggalkan kinerja, atau Gigabyte dengan X48 – DS4 dan X48 – DS5 yang dipersenjatai dengan DES (Dynamic Energy Saving). Sedangkan DFI datang ke CHIP Test Center de¬ngan konsep LAN PARTY, dan tidak ketinggalan ASROCK dengan motherboardnya yang memiliki WiFi – AP.

Sebagai pembanding kinerja dari ke¬enam peserta tes perbandingan, CHIP menguji kemampuan dari ASUS Rampage DDR3.
Cukup sudah pengenalan chipset Intel X48. Berikut CHIP akan menampilkan hasil tes perbandingan kali ini. Bagi Anda yang ingin memiliki motherboard dengan chipset Intel X48 ada baiknya Anda memperhatikan kinerja dan feature dari motherboard incaran Anda.
DFI LP UT X48-T2R: Siap berlari


Dalam tes perbandingan kali ini DFI berhasil unjuk gigi dengan produknya LP UT X48 –TR. Performa dari motherboard ini tak perlu diragukan lagi. Seluruh pengujian yang dilakukan terhadap motherboard ini berhasil "dibabat" habis dengan hasil yang memuaskan. Melihat desain dari motherboard ini, nampaknya DFI mempersiapkan produknya untuk berlari. Dengan bundel HSF tambahan sistem pendinginan pada motherboard ini semakin baik.
Gigabyte X48-DS4: Motherboard hemat daya


Motherboard Gigabyte ini berhasil bersaing ketat dengan para peserta lainnya dengan perolehan nilai yang terpaut tipis dari pemenang tes. Motherboard ini termasuk yang cukup andal untuk masalah kinerja atau masalah konsumsi daya. Selain itu perlengkapan yang diberikan cukup berlimpah. Dengan konsep green power, motherboard ini menjanjikan penghematan daya listrik hingga 70 persen dan peningkatan performa hingga 20 persen. Untuk penghematan konsumsi daya yang optimal, feature seperti EIST dan C1E pada BIOS wajib dinyalakan. Selain itu software utility dari Gigabyte (DES) wajib diinstalasikan.
Asrock Turbo Twins WiFi - AP: Server Wifi di rumah


Walaupun motherboard ini mengalami beberapa masalah pada saat pengujian, namun bukan berarti produk ini tidak memiliki feature. Dilihat dari feature yang diberikan motherboard ini dapat digunakan untuk membangun server WIFI di rumah. Untuk sebuah motherboard kelas entry level, produk dari ASROCK ini memberikan feature yang lumayan lengkap. Kombinasi soket DIMM antara DDR2 dan DDR3, memberikan keleluasan kepada kita untuk menggunakan memory yang dibutuhkan. Walaupun bundel yang diberikan hanya seadanya saja namun hal itu dibayar oleh ASROCK dengan harga yang relatif murah.
Gigabyte X48-DS5: Lengkap Menawan


Walaupun datang agak terlambat dibandingkan peserta lainnya, namun motherboard ini berhasil menyusul lawan-lawannya dengan cukup cepat. Dengan kinerja yang bersaing dengan peserta lainnya, motherboard ini memiliki paket penjualan yang lengkap. Mulai dari penjelasan pemasangan peripheral sampai dengan setting BIOS berhasil dijelaskan dengan baik oleh Gigabyte dalam buku panduannya. Untuk masalah overclocking Gigabyte menyertakan utility overclocking-nya pada CD Software dan utilities untuk kemudahan para overclocker.
MSI X48c Platinum: DDR2 + DDR3

Produk ini memberikan performa yang diharapkan dari chipset X48. Seluruh pengujian berhasil dilewati de¬ngan baik. Hal yang menarik dari motherboard ini adalah tersedia¬nya 6 buah slot DIMM (dua DDR2 dan empat DDR3). Sayangnya, board ini hanya bisa menggunakan DDR2 atau DDR3, bukan perpaduan keduanya. Cara aktivasinya pun membutuhkan trik khusus (ada dalam manual) yang mengharuskan penggunaan switch card. Secara keseluruhan, board ini unik dan mampu memberikan kinerja ekstra.
DFI LP LT X48 - T2R: Overclocking!

Anda sedang mencari motherboard dengan kinerja yang cukup baik, namun dengan harga yang masih terjangkau? Nampaknya motherboard ini dapat dijadikan pilihan untuk Anda. Selama tes perbandingan berlangsung, board ini menunjukkan kinerja yang cukup baik dengan tingkat kestabilan yang baik pula. Jika dipandang dari sisi ergonomi motherboard ini memiliki desain yang relatif bagus. Jika Anda memilih board ini, jangan lupa untuk memasang heatsink northbridge yang tersedia dalam paket penjualannya.
Intel X48 Express Chipset
Bagaimanakah cara kerja chipset Intel X48? Prosesor apa saja yang telah didukung oleh chipset ini? Demikian pertanyaan yang kerap kali muncul di benak kita. Semoga pembahasan singkat berikut dapat menggambarkan apa dan bagaimana chipset X48 itu.
Dengan berkembangnya kebutuhan akan performa CPU dan memori, Intel meluncurkan chipset X48 pada bulan Maret 2008 tahun ini. Chipset Intel X48 ini di desain untuk Prosesor Intel Core 2 duo, Core 2 Quad, dan Core 2 Extreme QX9770 dengan 1600 Mhz FSB. Dengan kata lain X48 di desain untuk membangun sebuah desktop atau workstation dengan performa yang dapat diandalkan.
Arsitektur chipset X48 ini dibagi menjadi dua buah komponen, yaitu 82X48 MCH (Memory Controller Hub) untuk host brigde dan I/O Controller Hub 9 atau yang lebih dikenal dengan ICH9 untuk I/O subsystem. Feature yang tersedia dalam chipset X48 ini dapat digambarkan dalam diagram yang tertera di samping.
Dari diagram tersebut dapat terlihat X48 MCH mendukung PCI Express 2.0 graphics, dimana sebuah unit PCI express dapat meng - claim I/O akses diatas 36 bit yang disesuaikan dengan spesifikasi dari unit PCI Express tersebut. Selain itu X48 juga telah mendukung dua buah PCIe 16x. Sedangkan untuk maksimum memory yang didukung oleh MCH X48 adalah sebesar 8 Gb. Lebih dari itu, MCH X48 tidak dapat mengakses memory tersebut. Sedangkan untuk jalur USB, High Definition Audio, Gigabit LAN, SATA/ESATA dita¬ngani oleh ICH9.
Demikian sekilas penjelasan mengenai chipset Intel X48. Untuk penjelasan yang lebih detail Anda dapat mengunjungi website www.intel.com. Semoga penjelasan ini dapat membantu Anda.


Green Power Motherboard
Dengan konsep hemat energi dan peduli pada lingkungan, para produsen mother¬board kini turut andil dalam menjaga alam melalui produknya yang ramah lingkungan. Sangat disayangkan pada tes perbandingan kali motherboard yang menggunakan teknologi green power hanya motherboard dari Gigabyte saja, sedangkan para peserta lainnya belum menerapkan teknologi green power pada produk¬nya kali ini. Padahal jika para produsen lainnya juga telah menerapkan teknologi ini maka pertarungan pada tes perbanding¬an kali ini akan jauh lebih seru lagi.
Pada saat ini para produsen yang me¬nerapkan teknologi green power, guna berlomba untuk menekan penggunaan power dengan tetap menjanjikan performa. Sebagai contoh adalah Gigabyte dengan DES-nya menjanjikan penghematan hingga 70 persen dengan kenaikan performa hingga dengan 20 persen.
Bagi Anda yang memiliki sebuah mo¬therboard dengan green power teknologi, CHIP menyarankan untuk memaksimalkan teknologi tersebut dengan menginstal utilities ataupun software yang disertakan dalam bundel motherboard. Selain itu untuk lebih memaksimalkan green power teknologi tersebut Anda dapat mengaktifkan feature EIST dan C1E pada BIOS motherboard. Untuk feature EIST dan C1E ini tergantung dari motherboard yang digunakan. Biasanya antara satu produsen motherboard dengan yang lainnya memiliki konfigurasi BIOS yang berbeda-beda.


bingung download ja di sini format WORD

0 komentar:

SILAHKAN ANDA BERKOMENTAR

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Printable Coupons