Mencegah kerusakan Flashdisk ~ aRek WONOSALAM

Jumat, 21 Mei 2010

Mencegah kerusakan Flashdisk


Mencegah kerusakan Flashdisk

Kapan pembaca mengenal flashdisk ? Beberapa kali ganti flashdisk karena rusak ? Mengapa flashdisk anda rusak ? Dan apa merk flashdisk anda ? Untuk memberi kesimpulan terhadap kerusakan flashdisk, pembaca harus menjawab dengan baik keempat pertanyaan diatas. Sebab, tanpa jawaban tersebut kita akan salah dalam menganalisa dan menyimpulkan mengapa flashdisk cepat rusak sehingga kita sering gonta-ganti flashdisk dan serig kehilangan data penting dan terkesan boros.

Jika sebelum flashdisk diciptakan, penyimpanan data dilakukan pada media disket, walau sekarang masih ada, namun media penyimpanan disket sudah jarang dipakai, alasanya selain kapasitasnya kecil juga disket sulit dibawa kemana-mana, sehingga pilihan jatuh pada flashdisk yang mempunyai kapasitas besar dan gampang dibawa kemana-mana karena bentuknya yang mungil. Supaya flashdisk tetep terjaga dan bisa bekerja dengan baik, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Diantaranya

1. Hindarkan dari pengaruh medan magnet kuat

Tempat yang mudah terjangkau yang biasanya kita gunakan untuk meletakan benda-benda kecil diantaranya diatas TV. Jika kebiasaan ini terjadi pada anda, sebaiknya anda tidak melakukan ini pada flashdisk, hal ini dikarenakan TV memiliki medan magnet yang sangat kuat. Begitu juga handphone sangat tidak baik untuk flashdisk, sehingga pada saat anda meletakan handphone pada saku, usahakan jangan menaruh flasdisk pada saku yang sama.

2. Jangan terkena air

Meski ada beberapa merk yang mengklaim produknya waterproof, menjauhkan flashdisk dari sentuhan air tetap saja menjadi langkah yang paling aman, daripada adta hilang karena luntur ditelan air.

3. Virus scan

Saat pengambilan data atau memindahkan dari PC ke flashdisk, sangat mungkin bukan hanya data yang dipilih yang yang tercopy tetapi data-data virus yang ada di komputer tersebut juga ikut tercopy, apalagi kalau kita mengambil data di dari internet. Waduhh flashdisk kamu bisa dipenuhi virus-virus penganggu. Makanya jangan lupa sering-seringlah melakukan ritual Scan virus secara berkala.

4. Proses eject atau stop

Selalu melakukan proses stop sebelum mencabut flashdisk dari port USB, selain menjadikan flasdisk rusak, tidak melakukan proses stop juga dapat mempengaruhi file-file yang ada didalamnya

5. Minilamisir proses hapus-tulis

Sekuat apapun benda, pasti akan rusak seiring dengan bertambahnya usia benda tersebut. Termasuk juga flashdisk, artinya suatu saat flashdisk kita bisa mati dan tidak bisa digunakan lagi. Usia flashdisk berbeda-beda tergantung kualitas dan merk flashdisk itu sendiri, biasanya usia flashdisk antara 10.000-100.000 kali hapus tulis. Sehingga usahakan meminilamisir proses hapus-tulis.

Sekiranya hanya itu yang saya tahu agar flashdisk pembaca awet dan aman dari serbuan virus penggangu.
Sumber: jawaposting.blogspot.com

0 komentar:

SILAHKAN ANDA BERKOMENTAR

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Printable Coupons